7 kesenian idonesia yang mendunia

 

Indonesia, negeri kaya akan beragam kesenian. Disetiap daerah, masing-masing memiliki ciri khas yang berbeda yang ditampilkan dari kesenianya. Kesenian Indonesia mungkin tidak begitu populer dan digemari di negerinya sendiri. Namun, bukan berarti kesenian Indonesia tidak disukai di luar negeri. Beberapa kesenian itu bahkan sudah menjadi warisan budaya dunia. Kita sebagai warga Negara Indonesia, seharusnya bangga atas pengakuan dunia tentang beragama kesenian Indonesia yang unik dan menarik, kalo ng' tau ya, NDESO,..!!!!. Berikut ini adalah 7 kesenian yang terkenal dan sudah di akui oleh dunia,cek it now….


Batik melambangkan keanggunan budaya Indonesia,dari zaman kerajaan kuno sampai zaman modernisasi saat ini, masih mempertahankan keasliannya dan bahkan memancarkan keindahanya ke berbagai negara. Batik Indonesia sudah terkenal di seluruh dunia karena memiliki pola yang rumit, desain yang halus, serta warnanya yang khas. Batik Indonesia dinilai sarat dengan teknik serta telah menjadi simbol dan budaya yang berakar dalam kehidupan masyarakatnya.
Tahun 2009, UNESCO secara resmi telah menobatkan batik sebagai warisan budaya dunia (the Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity) dari Indonesia. Dengan pengakuan resmi dari badan dunia tersebut maka kini batik memasukan tahap bagaimana menduniakannya.


Brand internasional Gucci ternyata menggunakan kain tenun asli Indonesia sebagai bahan bakunya .Tenun Indonesia telah dipercaya oleh pasar internasional. Tenun Indonesia dianggap sangat berharga karena handmade (buatan tangan). Tenun merupakan hasil karya berupa kain yang dibuat dengan benang dan dimasukkan ke dalam pakan pada alat yang disebut lungsin.. Tentunya kita bangga melihat kain-kain asli Indonesia yang maha kaya dalam hal craftsmanship ini tampil di runway designer international mulai dari Milan, Paris, dan kini London. Oleh karena itu tak perlu anda jauh-jauh berbelanja fashion ke luar negeri, sebab kenyataannya bahan baku fashion mereka justru berasal dari negeri kita sendiri.



Wayang adalah seni pertunjukkan asli Indonesia yang berkembang pesat di Pulau Jawa dan Bali. UNESCO, lembaga yang membawahi kebudayaan dari PBB, pada 7 November 2003 menetapkan wayang sebagai pertunjukkan bayangan boneka tersohor dari Indonesia, sebuah warisan mahakarya dunia yang tak ternilai dalam seni bertutur (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity.  Wayang Indonesia semakin saja dihargai di luar negeri. Seperti halnya Ton van Oevelen, seorang pria Belanda yang tidak punya hubungan sama sekali dengan Indonesia, ternyata tergila-gila pada wayang. Sudah ada 400 wayang yang dikumpulkan olehnya. Generasi muda di Indonesia seharusnya bangga akan kesenian wayang yang sudah terkenal di berbagai Negara.


Musik gamelan semakin populer dan diminati oleh masyarakat Slovakia.Gamelan yang terkenal sebagai alat musik untuk mengiri berbagai tari tradisional ini makin popular di luar negeri. Bukan hanya itu, dikabarkan pula Gamelan alat musik asli Indonesia itu menjadi kurikulum sekolah di Di New Zealand, Singapura, Amerika Serikat dan Jepang. Jumlah mahasiswa ‘gamelan course’di New Zealand School of Music(NZSM) tahun 2011 melebihi batas maksimal penerimaan mahasiswa mata kuliah lain. Ini menunjukkan besarnya minat mahasiswa NZSM untuk mendalami seni budaya Indonesia khususnya gamelan.


Tari saman yang berasal dari Provinsi Aceh akan diakui dan dikukuhkan oleh organisasi pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO), sebagai warisan budaya dunia tidak benda pada 19 November 2011.Tari Saman adalah sebuah tarian suku Gayo yang biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat. Tari Saman unik, menarik dan penuh budaya Indonesia. Karena itu, Tari Saman tidak hanya populer di Indonesia tetapi juga populer di luar negeri. Tari Saman sering dimainkan di negeri asing seperti Australia dan Eropa.


Pengukuhan angklung sebagai warisan budaya dunia dilakukan oleh UNESCO pada Kamis, 18 Nopember 2010 di Nairobi, Kenya. Angklung telah ditetapkan sebagai “Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity” (Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia).Angklung yang merupakan alat musik tradisional dari Jawa Barat ini dinilai dan ditetapkan dalam Sidang ke-5 Komite Antar-Pemerintah tentang Perlindungan Warisan Budaya Takbenda (Inter-Governmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage (IGC-ICH) yang berlangsung di Kenya. Menurut UNESCO, angklung memenuhi kriteria sebagai warisan budaya takbenda dunia antara lain karena, angklung merupakan bagian penting identitas budaya masyarakat di Jawa Barat dan Banten. Seni musik ini mengandung nilai-nilai dasar kerjasama, saling menghormati dan keharmonisan sosial.

Keris merupakan senjata tradisional yang sangat berperan dalam kehidupan manusia pada zaman dahulu hingga sekarang. Kebiasaan memanfaatkan keris sebagai senjata, benda berwasiat, dan kelengkapan upacara keagamaan telah membudaya dalam kehidupan masyarakat Indonesia, khususnya masyarakan Hindu di Bali.
UNESCO yang merupakan Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengukuhkan keris Indonesia sebagai karya agung warisan kemanusiaan milik seluruh bangsa di dunia.Dunia telah mengakui keberadaan keris Indonesia sekaligus mendapat penghargaan dunia sejak 25 November 2005.

Sejumlah negara, antara lain Singapura, Brunei Darussalam, dan Filipina, hingga kini belum berhasil mengukuhkan kerisnya untuk diakui dunia.Keris Indonesia, termasuk Bali, diakui sebagai karya agung warisan dunia.


0 komentar:

Poskan Komentar

Best Info!

Total Tayangan Laman

Pengikut

Free Lines Arrow