Cerpen min hae

 

KEMBANG GULA

                 Oleh : Kim Min Hae

Walaupun cerita ini tak pernah aku ingat,tapi percayalah ini kenyataan,semuanya berawal pada saat aku membuka album foto yang berdebu,lalu melihat sebagaian kenangan masa laluku. Tapi ada yang mengganjal, pada saat tersenyum terlihat gigiku yang sebagaian berwarna hitam. Mungkin pada saat itu aku masih umur 3-4 tahun, aku sangat terkejut karena semua itu berbalik fakta dengan diriku sekarang. Aku masih tak percaya kalau dulu gigiku rusak seperti itu.
 Pertanyaan tentang kondisi gigiku dulu, berujung kejawaban ibuku yang menyatakan dulu aku adalah pecinta kembang gula. Ibuku berkata”Dulu, kau sangat gemar makan kembang gula, dari lollipop sampai permen karet”, lalu aku bertanya”Apa aku rajin menyikat gigiku?”, “Kau hanya menyikat gigi ketika ibu suruh saja, jadi kalau ibu lupa, maka kau pasti tak kan sikat gigi. Padahal setiap hari ibu sudah mengingatkan  supaya menyikat gigi minimal 2 kali sehari.” jawab ibuku. Aku balik memberi jawaban “Bukankah waktu itu aku masih kecil?”,”Ya, itu yang membuat kau susah di nasehati”jawab ibuku sambil tertawa kecil,dan aku pun ikut tertawa.
Ibuku berkata, kalau aku menjadi membatasi makan-makanan yang manis-manis karena aku pernah mengalami sakit gigi.Tentu saja anak kecil seperti aku dulu sangat takut dibawa ke dokter gigi, sampai-sampai aku menangis dengan kerasnya. Tapi ibuku menasehati ku, lalu memberi pengertian pentingnya merawat gigi kita dan berkata”Jika kamu tidak menjaga dan merawat gigimu, maka kau akan di bawa ke dokter gigi lagi,”. Mau tidak mau aku harus mengurangi konsumsi kembang gulaku, supaya tak dibawa ke dokter gigi lagi,takuuuuut……,….
Mungkin hal itu yang sudah tertanam di raga ku, supaya aku membatasi makanan-makanan manis dari hari itu, tapi pribadiku sendiri sampai sekarang masih mengkonsumsi makanan-makanan manis seperti coklat,kembang gula dan sebagainya. Semua yang manis-manis masih bisa kita konsumsi, asalkan jangan berlebihan juga yang terpenting rajinlah sikat gigi.
Banyak anak kecil yang sangat menyukai makanan-makanan yang manis-manis dan banyak warnanya, hal itu sangat umum, kita yang lebih dewasa pasti pernah merasakannya. Tergoda kembang gula yang penuh warnanya, bahkan bisa menangis jika tidak di belikan, Itulah sifat anak kecil, semua yang dia mau harus dituruti. Tapi alangkah baiknya kita bisa merawat gigi kita dari dini, supaya tidak menyesal kemudian harinya benar bukan??????.

0 komentar:

Posting Komentar


Best Info!

Total Tayangan Laman

Pengikut

Free Lines Arrow